Sejarah S3C Pramuka Smanam

7 minute read

Sebelum Era S3C

Sebelum adanya ide untuk menyelenggarakan S3C, sudah terlaksana dahulu lomba LKBBT yang tiap tahunnya diselenggarakan namun sayangnya harus terhenti pada tahun 2009/2010an karena rumornya pada saat itu tidak di ijinkan oleh kwarcab karena terindikasi jika latihan pbb menggunakan kekerasan fisik, yang terjadi pada era angkatan 19/20/21an.

Awal Mula

Setelah itu di angkatan 22 punya inisiasi untuk menyelenggarakan SSC (awal mula sebelum S3C), SSC sendiri adalah kepanjangan dari Skill Scout Competition, namun pada saat itu belum bisa terselenggara karena satu dan lain hal.

Berhubung kegiatan SSC tidak bisa diselenggarakan di smanam, maka nama kegiatan SSC dipake oleh Kwarcab untuk lomba pramuka yang diusulkan oleh 3 serangkai dari ambalan syarif syam yang menjadi DKC saat itu.

Setelah kepengurusan 22 berakhir, proker SSC diwarisi oleh angkatan 23, dengan perubahan nama menjadi S3C (Smanam Skill Scout Competition), S3C sendiri bisa dibilang ‘plesetan’ dari SSC yang sudah dipakai oleh kwarcab, namun pada saat itu tetap belum bisa juga terlaksana. Nah barulah diangkatan 24 mempunyai tekad untuk menyelenggarakan S3C ini.

Saat-saat awal dimulainya persiapan

Perkembangan S3C diawali pada kepengurusan angkatan 24, pada saat itu saya yang menjabat sebagai Krani memulai rancangan penyusunan proposal, berbekal dokumen yang didapatkan dari pangkalan X yang sudah tiap tahun menyelenggarakan lomba kepramukaan dan desain proposal S3C terinspirasi dari Raida Jabar 2012, serta logo S3C 2014 terinspirasi dari SSC Kwarcab Kota Cirebon.

Banyak banget rintangan untuk menyelenggarakan lomba kepramukaan yang sudah vakum selama kurang lebih 5 tahun, dari yang kita tidak punya patokan kegiatannya seperti apa, SDM panitia yang kurang memadai, dukungan sekolah yang sedikit alot, dan apalagi keuangannya.

Moment Penting

Ada salah satu moment penting yaitu pada saat Univday tahun 2013an dimana setelah acara univday selesai kita antar beberapa alumni yang hadir pada saat di univday dan pramuka smanam berkumpul, sharing mengenai akan diselenggarakannya S3C, disitu kita mendapat banyak masukan dan tentunya meminta bantuan kepada alumni untuk membantu menyelenggarakan S3C pada saat itu.

Many problem

Dimulai dari penyamaan pemikiran angkatan 24 untuk gotong royong menyelenggarakan S3C, lalu melihat jadwal akademik untuk melihat tanggalan penyelenggaran S3C yang pada awalnya bulan Mei lalu diubah menjadi bulan Juni, tidak diijinkan penyelenggaran oleh Wakasek Kesiswaan dengan alasan takut merepotkan panitia jika menggunakan sponsor. Alasan panitia mencari sponsor adalah untuk mendapatkan dana dari perusahaan agar acaranya bisa berjalan, karena uang pendaftaran peserta saja tidak cukup apalagi sekolah tidak ngasih dana untuk penyelenggaran S3C 2014, (udah gak ngasih dana, gak boleh nyari sponsor lagi, duit darimana :D) tetapi alhamdulillah dengan kerja keras dan meyakinkan kepada pihak sekolah akhirnya S3C bisa di acc juga.

Montang-manting

Montang-mantingnya saat meminta surat rekomendasi kegiatan kepada pihak luar seperti kwarran/kwarcab dan Dinas pendidikan, butuh waktu untuk menunggu keluar surat rekomendasi itu apalagi orang yang dicari biasanya tidak ditempat, tentu saja itu semua kita menggunakan jatah Dispensasi untuk meninggalkan jam pelajaran untuk mengirim surat rekomendasi.

Setelah surat keluar kita mengajukan permohanan piala Kwarda Jabar dan menunggu balasan dari Kwarda, dalam ketidak pastian di acc-nya piala kwarda, dari panitia sudah woro-woro terlebih dahulu bakalan ada piala kwarda. oh iya adanya piala kwarda itu terinspirasi saat SSC yang tinggi piala kwarda jabar mencapai 2 meter.

Image Image Image Image Foto saat mengambil cash money piala Ka Kwarda di Kwarda Jabar bersama Abdul Hadi, Brian Rakhmat Aji dan Erdi Prasetyo

Selain piala kwarda jabar ada juga piala walikota, ini tidak terlepas dari bantuan Kak Giya (teman pramuka SMP ku) yang saat itu lagi PKL di bagian administrasi yang saya minta untuk di follow up agar bisa goal, and yeay finally piala Walikota berhasil didapatkan!

Montang-manting panas-panasan nyebarin surat sampai ke kabupaten cirebon, naik motor gatau arah cuman modal feeling dan make GPS alias meng-Gunakan Penduduk Sekitar sebagai arah, itu semua dilakukan agar surat pemberitahuan lomba sampai ke tangan pembinanya langsung tetapi sayang saat sampai sekolah yang dituju pembinanya sudah pulang atau lagi keluar, rasanya itu yaa seperti itu :D.

Belum lagi di PHPin pihak sponsor,sebut saja toko batik yang terkenal di Kota dan seantero nusantara, pada saat itu janjian sama marketingnya dari sore sampai malam kita nungguin di tempat, mana saat itu perut keroncongan duit nipis lagi. Setelah beberapa hari dari tempat itu kita memberikan konfirmasi kesepakatan perjanjian dengan marketingnya sulit sekali dihubungi, sering kali di reject dan pada suatu saat dia nelpon balik untuk membatalkan kerjasama sponsor dengan alasan panitia tidak memberikan kejelasan konfirmasi -_-.

Ngukur Lapangan

Buat bikin juknis perlu tahu ukuran real dilapangan, dimana daerah persiapan dan daerah lomba nya semuanya diukur. Yang mengukur lapangan ini kak Dzikri dia meterin satu per satu ukuran lapangan lalu dibuat model 3D seperti gambar dibawah ini yang dibantu kak Naufal angkatan 23

Image

Bawa Piala Setinggi 2 Meter

Setelah sebelumnya survey mengenai piala, lalu saya, gani dan putrie beli piala dibawa make motor dari toko Mexico ke Smanam, saya dan gani bawa piala setinggi 2 Meter utk hadiah piala ka kwarda jabar, kebayang kan bawa piala setinggi 2 meter make motor, greget :v. Dan kak Putrie bawa satu dus piala untuk tiap2 mata lomba.

Persiapan Technical Meeting

Malam sebelumnya kita prepare dirumahnya kak Naufal disambi ngerjain tugas deadline dari guru, malam itu prepare apa yang mau disampaikan TM, ngerjain bikin soal semaphore make kode morse sampe dibuat font typenya :D, terus semaleman ngerender lapangan terbaru sampai pagi gak jadi gara2 laptopnya Dzikri mati :v

Saat Techinal Meeting

Di Technical Meeting peserta semua berjalan dengan lancar dihadiri oleh perwakilan peserta tiap-tiap pangkalan baik peserta penggalanganya ataupun pembinanya.

A problem with Dewan Juri

Masalah selalu ada, yang terjadi pada dewan juri yang tidak sepakat dengan penilaiannya pada saat setelah TM Juri kalau tidak salah tetapi ini berhasil diselesaikan dengan baik.

Prepare hari H

Prepare hari H seperti pada acara lainnya masang spanduk, nempelin aturan penggunaan ruangan dan nomer2 ruangan, dan juga ngeset ruangan lab untuk mata lomba Olympiade Computer.

Daaaaan hari H tiba!

Dan akhirnya pada tanggal 22 Juni 2014 Pramuka SMA 6 Cirebon mencatat sejarah baru telah berhasil menyelenggarakan lomba pramuka yang telah lama vakum, ada hal yang saya sampai ini ingat, saat kak Rifa bilang diruang panitia sambil melihat peserta lagi lomba PBB “eh ini S3C beneran jadi yaa…”, ada rasanya kepuasan batin tersendiri apalagi seluruh rangkaian acara tidak ada masalah sama sekali, nilai peserta dibuat transparan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dan apalagi melihat senyuman peserta yang menang itu menjadi kebahagiaan tersendiri.

And finally sekian cerita panjang penyelenggaran S3C Pramuka Smanam Cirebon semoga S3C selanjutnya bisa lebih dari ini dan kita semua dapat merasakan manfaatnya :)

Foto-Foto

Logo S3C pertama Logo S3C 2014

First Desain S3C 2014

ini status saat dulu nemuin piagam lomba pramuka terakhir smanam sekitar tahun 2009/2010an

ini status saat mencari “jalan” untuk mendapatkan freshmoney untuk S3C

Image

Ini kiriman Giya Dwi Ilham yang membantu mendatangkan piala Walikota

Saat ngajuin proposal ke Batik Trusmi

Saat bingung bikin MOU perjanjian dengan sponsor

Surat rekomendasi dari Kwarda Jabar

Saat di apresiasi oleh Ka Dede Yusuf selaku Kwarda Jabar

Piala S3C dari Walikota Cirebon

Image

Dzikri lagi render lapangan

Saat on air di Nuansa Radio

Persiapan beli piala Kwarda Jabar setinggi 2 meter

Saat diminta ke Kwarda untuk ambil Piala (Fresh Money)

Saat Dikereta perjalanan ke Kwarda Jabar

Finally S3C terselenggara 22 Juni 2014 yeah!

Twitter Poster

Berita S3C di Koran Radar Cirebon

Saat TM Image Image Image Image Image Image Image

Saat Persiapan H-1 Image Image Image Image

Panita / Sangga Kerja S3C 2014

S3C 2014 diketuai oleh Putrie Budhy Utami Anggotanya:

  • Dzikri Prasetya Djaya
  • Lutfiah Aurum Paramitha
  • Rifa Salsabila
  • Vikka Fadlillah
  • Brian Rakhmat Aji
  • Abdul Gani
  • Erdi Prasetyo
  • Abdul Hadi
  • Rizki Amellia
  • Sherly
  • Malik
  • Yusuf Noor Mohammad
  • Dan pendukung lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu

Adapun Mata Lomba S3C 2014 :

  • Scout Olimpiade
  • PBB Tongkat
  • Semaphore

Video Dokumentasi S3C

File Dokumen S3C 2014 https://drive.google.com/drive/folders/0B45xL4Ve9ED-VWtQX1ZOcDhVLVk?usp=sharing

===================================================

Trailer S3C 2015

===================================================

Note:

  • S3C dengan konsep Jelajah Kota diselenggarakan pada tahun 2015 dengan konsep lomba mengelilingi kota cirebon dengan rute yang sudah ditentukan oleh panitia.

  • Perubahan kepanjangan S3C dari Smanam Skill Scout Competition menjadi Smanam Scout Skill Competition terjadi pada tahun 2016 dikarenakan ada kekeliuran dalam Grammer sehingga perlu direvisi.

Leave a Comment