Mengembalikan Akun Instagram Yang Kena Hack

1 minute read

Instagram Kena Hack

Image

Artikel ini saya tulis dari pengalaman mbak Lidya Charolina di blognya

Jadi mba Carolina ini pernah ke hack Instagramnya gara2 phising, jadinya semua cara login ke Instagram gak bisa, termasuk log in pakai Facebook, nomor hape, dan email.

Tapi gak usah khawatir, Akun kamu masih bisa diselamatkan. Berikut hasil rekaman cara kembalikan akun Instagram yang kena hack berdasarkan pengalaman Carolinalidya.com.

1. Masuk Ke Instagram Help Center

Cari Instagram Help Center atau akses aja di help.instagram.com. Lalu ini urutannya: Privasi & Kemanan > Melaporkan Sesuatu > Akun Yang Diretas > Sepertinya akun Instagram saya diretas. Nah, disitu kamu baca deh bener-bener instruksinya. Disitu ada opsi untuk Android dan iOS.

Image

2. Di layar masuk, ketuk “Dapatkan bantuan untuk masuk”

Disitu nanti akan ada pilihan masuk lewat facebook, nomor hape, dan email. Selanjutnya kamu masukkan nama pengguna atau email lalu klik “–>” lanjutkan di kanan atas. Lalu klik “Tidak punya akses ke salah satu dari pilihan ini?” Nah, selanjutnya ikuti aja instruksinya sampai kamu harus submit form yang berisi email dan username kamu yang kena hack.

Image

3. Tunggu email balasan dari Tim Instagram

Rajin-rajin cek email ya. Aku submit formnya tanggal 22 Maret baru dapat balasan 27 Maret. Bisa estimasi sendiri ‘kan berapa lama? Tenang, pasti di balas kok. Kalau lebih dari seminggu gimana? Ulang lagi proses no 1 dan 2.

4. Ini hasil balasan dari Tim Instagram

Tim Instagram menerima laporan akun Instagram yang kena hack dan mereka minta pengguna asli untuk foto sambil menampilkan kode yang tertera di email. Tujuannya untuk memastikan bahwa akun yang diajukan benar-benar milik si pengguna yang sesungguhnya. Sembilan hari setelahnya, baru dapat balasan lagi sebuah direct link yang menampilkan pergantian password dan email terbaru. Dan…voila, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali. Tinggal ganti sisa-sisa peninggalan hacker tak bertanggung jawab dengan mengganti foto profil dan tulisan di bio.

Image

See? Menyelamatkan akun media sosial yang kena hack itu gak sulit kok. Asalkan kamu bisa gantikan rasa panikmu dengan pikiran tenang sambil baca help centernya. Budayakan membaca ya gengs. Dan…media sosial yang kena hack bukan akhir dari segalanya. So, hati-hati dan bijak menggunakan media sosial dan segalanya yang berhubungan dengan internet. Put your attention more to cyber criminal and secure your account :) Semoga artikel ini membantu ya.

Original article: carolinalidya.com

Leave a Comment