Kenalan dengan AI Coding Assistants yang dapat membantu kamu dalam Coding!

2 minute read

Introduction of AI Coding Assistants

AI Coding Assistants adalah sebuah teknologi Artificial Intelligence yang dibangun dengan Machine Learning dan Large Language Models untuk membantu para developer dalam berbagai macam development proccess. Seperti halnya code generation, code completion, code refactoring, create unit test, code comment generation (explanation), dan lainnya.

Mungkin ada pertanyaan lainnya, gimana AI ini belajar atau mengambil base data modelsnya darimana? Jawabannya adalah tools-tools AI ini mempelajari seluruh source repo yang ada di Internet Public mungkin bisa jadi ambil model datanya yang ada di Github, Gitlab atau Stackoverflow, dll dan dijadikan model learning yang selanjutnya dapat dipakai sebagai AI Coding Assistants.

AI Coding Assistants ini juga perlu adanya integrasi dengan IDE yang kita pakai, berupa extension atau plugin yang di Install di IDE kita seperti Intellij IDEA / Android Studio / Xcode / VS Code / dll, guna mempermudah developer bekerja dan tidak usah buka web browser seperti menggunakan Chat GPT.

Advantages & Consideration

Image

Requirement

1. Code Generation

Sebuah AI, dia harus bisa melakukan Code Generation yang artinya harus dapat membuat baris code sesuai dengan perintah kita, misalya “Buatkan fungsi Create dalam bahasa Java” dan tools tersebut harus mampu membuatkan scripting codingnya dengan apa yang kita mau.

2. Code Completion

Sebuah AI juga harus mampu memberikan suggestion ke developer terhadap code yang sedang kita tulis, sehingga akan mempercepat proses pengerjaan, karena tidak perlu menuliskan code lagi, tinggal tap tap saja.

3. Code Refactoring / Code Transformation

Ini juga bisa menjadi challenge bagi developer ketika dihadapkan untuk melakukan Refactor misalkan perubahaan dari Bahasa A ke Bahasa B, apalagi kalau sudah ribuan baris code rasanya males banget untuk melakukan hal ini, tapi dengan adanya bantuan dari tools AI ini kita hanya tinggal meminta AI untuk melakukan perubahan Bahasa A ke B secara cepat.

4. Code Documentation

Code Documentation menjadi sangat penting juga apabila kita bekerja dengan team, ini dilakukan agar jika suatu saat kita sudah resign dan diganti dengan developer lain itu mudah memahami apa maksud dari codingan kita.

5. Code Unit Test Generation

Yang terakhir ini tidak kalah penting yaitu membuat Unit Test, Unit Test sendiri adalah suatu lifecycle untuk mengetest bahwa program kita sudah berjalan sesuai dengan apa yang kita mau, baik yang positive case ataupun negative case.

Nah dari beberapa fitur atau requirement diatas berikut rangkuman comparison AI Tools Assistants dari beberapa sisi

Comparison AI Coding Assistants dari sisi Feature

Berikut Comparison dari sisi Programming Feature

Image

Comparison AI Coding Assistants dari sisi Programming Language

Berikut Comparison dari sisi Programming Language

Image

Comparison AI Coding Assistants dari sisi Supported IDE

Berikut Comparison dari sisi Programming Supported IDE

Image

Comparison AI Coding Assistants dari sisi Pricing & Headquarter

Berikut Comparison dari sisi Pricing & Headquarter

Image

Comparison AI Coding Assistants dari sisi Client Implementation

Berikut Comparison dari sisi Client Implementation

Image

Conclusion

Nah, beberapa perbandingan diatas sudah saya research dari segi feature, programming language, supported IDE, pricing, HeadQuarter, dan client implemntation, berikut kesimpulannya.

Kalau temen - temen cari AI Tools yang bisa support On Premise berikut list nya:

Support On Premise

  1. Codeium (Recommended)
  2. Tabnine (Reccomended tapi masih beta)
  3. Safurai

Tapi kalau temen-temen tidak ada concern terkait regulasi yang mengharuskan data tidak boleh keluar, temen-temen bisa menggunakan yang free ataupun dari Chat GPT aja.

Mungkin itu dulu pembahasan kali ini, Keep connected!

Sekian dan terima kasih

Leave a Comment