Jan Ethes atau Kaesang Pangarep, siapa yang lebih populer?

5 minute read

Baru-baru ini keluarga Jokowi mendapat sorotan publik lagi, dikarenakan sosok Kaesang Pangarep kalah pesona terhadap keponakan sendiri yakni Jan Ethes, Jan Ethes yang masih kecil dengan tingkah polos dan wajah yang ganteng ini mampu memikat banyak hati para netizen khususnya di kalangan pengguna Twitter.

Para Netizen ini menganggap bahwa kaesang telah kalah dengan Jan Ethes ditambah lagi ketika Jokowi dan keluarga jalan-jalan seperti tanggal 8 Desember 2018 yang tidak diajak hanyalah Kaesang, tweet dari Kaesang yang nyeleneh pun menambah perhatian yang semakin meyakinkan netizen bahwa ia tidak dianggap lagi di keluarga Jokowi.

Di dalam artikel ini akan membahas siapa yang lebih Populer antara Kaesang dan Jan Ethes, data yang didapatkan berdasarkan percakapan (tweet) dari pengguna Twitter dengan periode dari 4 – 17 Desember 2018 menggunakan keyword tertentu dan menggunakan Drone Emprit (DE) sebagai media untuk mengumpulkan data melalui kata kunci. Untuk pemvisualisasiannya Drone Empirt mempunyai fitur untuk menyajikan Data yang selanjutnya siap untuk dibaca.

Data

  1. Volume dan Tren Jan Ethes

Selama rentang waktu pemantauan dari tanggal 4 - 17 Desember 2018, volume percakapan di media social Twitter terkait penyebutan Jan Ethes yakni 16.424 mentions.Statistik Mention Jan Ethes

Di kanal media sosial Twitter, percakapan juga suda muncul sejak tanggal 4 Desember. Hanya ada 18 Mentions yang berhasil di rekam oleh DE, selanjutnya pada tanggal 5 Desember tweet menurun hanya 8 mentions, pada tanggal 6 Desember ada kenaikan menjadi sebesar 10 mentions, tanggal 7 desember mulai ada kenaikan yang cukup signifikan sebanyak 463 mentions dan kenaikan yang paling tertinggi antara rentang waktu tersebut terjadi pada tanggal 8 Desember yang mencapai 3.186 mentions, dan 12 Desember 7.630 mentions. Dapat dilihat pada gambar grafik dibawah ini.

Engagement

Sebuah indikator interaksi antara sebuah akun sosial dengaan penggemarnya dimana formulanya melibatkan mention, reply dan retweet, dilihat dari jumlah total mention engagement Jan Ethes sebesar 8.751, Reply 1.876, dan Retweet 7.598.

Dilihat dari gambar grafik ini terdapat grafik yang paling tinggi pada tanggal 12 Desember 2018 dengan total 5.051 mention, direply sebanyak 1074 kali, dan diretweet sebanyak 1.505 kali, hal ini dikarenakan ada siaran program TV MataNajwa yang meliput Jan Ethes bersama keluarga Bapak Joko Widodo dengan judul tayangan “Rahasia Keluarga Jokowi”.

Grafik tertinggi kedua adalah pada tanggal 8 Desember 2018 dengan total mention 1.543 kali, direply sebanyak 243 kali, dan diretweet sebanyak 1.400 kali, ini saat Jan Ethes pergi jalan-jalan bersama Bapak Joko Widodo ke Kebun Raya Bogor.

Reach/jangkauan

Adalah matriks yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah total perkiraan pengguna Twitter unik (dihitung per userID) yang ikut nge-tweet mengenai suatu “kata kunci pencarian” tertentu.

Jika dilihat dari grafik diatas maka jumlah user yang paling banyak adalah 3.925 user dengan jumlah berkisar 101-500 followers. Jumlah followers 0-3 berjumlah 240 user ini bisa diindikasikan akun BOT, dikarenakan pola dari Type Twitter didominasi oleh Retweet, inidikasi kedua adalah dari username yang tidak seperti pada nama username umumnya, indikasi ketiga adalah terjadi perulangan yang terus-menerus seperti gambar dibawah ini.

Potential reach terbesar dengan jumlah followers 1 Juta keatas dengan jumlah user aktif sebanyak 12 user, dan potensi jangkauan user sebanyak 28,316,351 akun.

Hashtag

Dari peta tagar semua percakapan yang memuat tentang Jan Ethes dalam periode analisis ini, tagar paling popular adalah #EthesDiMataNajwa dan #01JokowiLagi. Ternyata, tagar-tagar lainnya berhubungan dengan aspirasi politik yaitu #01JokowiPresiden #IndonesiaMenujuCahaya #01JokowiMenang. Hal ini memperlihatkan bahwa penggemar atau pendukung Jan Ethes memang banyak berasal dari kalangan Kubu Joko Widodo.

  1. Volume dan Tren Kaesang

Pada rentang waktu pemantauan yang sama, volume percakapan di media sosial twitter yang menyebut Kaesang Pangarep di Twitter sebanyak 62.245 mentions jauh melampaui Jan Ethes yang hanya 16.424 mentions, hal ini wajar dikarenakan Kaesang Pangarep memang lebih dulu mempunyai Twitter dan penggemar sebelum kemunculan Jan Ethes di media.

Berbeda dari Jan Ethes, trend mentions Kaesang Pangarep hanya terjadi pada 2 kali saja dengan hari yang selisih ssatu hari saja yaitu pada tanggal 8 Desember 2018 sebanyak 17.907 mention dan 9 Desember 2018 sebanyak 19.795 mention. Gambar grafik dapat dilihat dibawah ini.

Engagement

Seperti yang sudah dijelaskan pada definisi Engagement pada data Jan Ethes, interaksi yang berupa mention “Kaesang” hanya berjumlah 4.130 sedangkan Jan Ethes berjumlah 8.751, tetapi jika dilihat dari reply dan retweet memang lebih unggul kaesang sebessar 14.105 reply, dan 44.010 retweet. Apabila kita cermati data ini Kaesang lebih aktif untuk meretweet daripada mention.

Reach/jangkauan

Grafik ini memperlihatkan pendukung Kaesang dengan jumlah 0-3 Followers sebanyak 1.839 user jauh melebihi Jan Ethes, tetapi Jan Ethes lebih unggul di 500.000 followers keatas.

Hashtag

Hashtag yang memuat Kaesang Pangarep lebih banyak memuat politik dari kubu Pro Jokowi Widodo, ada hal yang cukup aneh disini tagar paling popular adalah #EthesDiMataNajwa tetapi jumlahnya lebih sedikit dibanding Jan Ethes yang hanya sebesar 871 tweets saja, tagar dengan peringkat kedua dan ketiga terbanyak adalah #2019JokowiLagi #JokowiKeluargaHarmonis disusul peringkat keempat #MataNajwa. Jika kita melihat seksama tagar-tagar yang memuat Kaesang tidak begitu trending, seperti #KaesangDiMataNajwa, #SaveKaesang, #TeamKaesang #sangpisang dan #BukanKueArtis.

Social Network Analysis (SNA)

Jika kita melihat Sosial Network Analysis ini posisi Kaesang Pangarep yang ditandai dengan warna biru lebih mengelompok dan memusat, sedangkan Jan Ethes cenderung memencar yang ditandai warna orange.

Hal ini dikarenakan Kaesang memiliki akun Twitter sendiri yang sering berinteraksi antar satu user dengan user lainnya, sehingga wajar tulisan username @kaesangp di twitter lebih besar karena memang lebih banyak memention dan ngeretweet.

KESIMPULAN

Dari data tersebut, ada beberapa kesimpulan yang bisa ditarik

  1. Engagement antara Kaesang Pangarep dan Jan Ethes dalam periode analisis tersebut Jan Ethes lebih unggul sebesar 8.751 mention sedangkan Kaesang hanya sebesar 4.130 mention.
  2. Reach atau Jangkauan Jan Ethes lebih besar daripada Kaesang dengan user yang followersnya diatas 500K dengan potential reachnya 41.357.419 user sedangkan Kaesang potentional reachnya hanya 27.792.580 user.
  3. Hashtag yang memuat kata “Jan Ethes” dimuat juga di “Kaesang”, dan tagar yang paling popular diantara keduanaya adalah #EthesDiMataNajwa, tagar yang memuat #Kaesang jumlahnya sedikit hampir tidak dapat dilihat.
  4. Social Network Analysis (SNA) menunjukan bahwa peta penyebaran “Kaesang” lebih memusat dikarenakan Kaesang memiliki akun twitter dan followers, sedangkan Jan Ethes cenderung menyebar dikarenakan Jan Ethes belum memiliki akun twitter sehingga orang-orang yang memention Jan Ethes tidak tertuju kepada akun twitter Jan Ethes.
  5. Jika dilihat dari statistik mention antara Kaesang dan Jan Ethes, Kaesang lebih unggul sebanyak 62.245 mention dibandingkan Jan Ethes hanya 18.635 mention saja.

Leave a Comment